top of page

4 Jenis MDF untuk Berbagai Macam Kegunaan

Papan MDF menjadi bahan yang sering digunakan untuk membuat furnitur atau kreasi kayu lainnya. Permukaannya yang halus dan harganya yang terjangkau memudahkan banyak orang untuk menyelesaikan pekerjaan dan proyek-proyeknya. Namun, tahukah Anda bahwa papan MDF memiliki berbagai jenis varian lain yang dapat digunakan untuk berbagai macam proyek?


Inovasi pada papan rekayasa ini terjadi karena adanya permintaan akan papan yang lebih kuat, lebih tahan lama, dan memiliki performa yang lebih tinggi daripada papan MDF biasa. Lantas, apa saja jenis-jenis papan MDF yang dapat kita temukan? Simak selengkapnya dalam artikel berikut.


Tiga buah papan MDF ditumpuk di atas satu sama lain di atas latar berwarna hijau

Medium Density Fibreboard (MDF)

Papan MDF standar merupakan baseboard untuk berbagai variasi papan MDF lainnya. Jenis MDF ini terbuat dari serpihan kayu dan resin yang direkatkan dan ditekan dengan tekanan dan panas tinggi. Papan MDF standar tidak diberikan warna maupun campuran resin khusus sehingga akan terlihat seperti papan berwarna coklat muda biasa. Baseboard MDF mudah untuk dipotong, dibentuk, dicat, dilaminasi, dan ditempelkan veneer untuk menciptakan ragam produk yang menarik dan fungsional. MDF standar umumnya memiliki ketebalan 2 hingga 50 mm dengan panjang dan lebar yang beragam.


Tiga buah HMR atau MDF Hijau yang ditumpuk di atas satu sama lain

High Moisture Resistant (HMR)

HMR board atau MDF hijau merupakan papan MDF yang diproduksi dengan emisi formaldehida yang lebih rendah. Senyawa ini memiliki potensi untuk memicu masalah kesehatan pada manusia seperti iritasi mata, tenggorokan, hingga kanker nasofaring. Untuk membedakannya dengan MDF biasa, HMR diberikan warna hijau yang halus. Jenis MDF ini diciptakan agar lebih tahan terhadap percikan air, kelembapan, serta tumpahan cairan, sehingga cocok untuk digunakan di kamar mandi atau area dapur rumah.


Dua buah papan FRM ditumpuk di atas meja

Fire Retardant MDF (FRM)

Serupa dengan HMR, Fire Retardant MDF didesain secara khusus untuk bangunan atau area yang memiliki persyaratan ketat mengenai ketahanan terhadap api. Meski tidak sepenuhnya tahan terhadap api, papan FRM dapat memperlambat laju penyebaran api pada situasi kebakaran. Ketika papan ini terbakar, ia juga tidak meninggalkan tetesan api yang berpotensi untuk menyebarluaskan efek kebarkaran. Papan FRM umumya dapat ditemukan dalam bentuk pintu dan paneling dinding yang menghiasi interior ruangan manapun dan dapat dikenali dari warna papannya yang merah merona.


Compact Density Fibreboard ditumpuk di atas latar berwarna hijau

Compact Density Fibreboard (CDF)

Sesuai dengan namanya, Compact Density Fibreboard merupakan papan MDF berwarna hitam pekat yang miliki kepadatan yang lebih tinggi (>1.000 kg/m³) daripada papan MDF biasa.  Kepadatan CDF yang tinggi meminimalisir kemungkinan papan akan mengembang dan berubah bentuk sehingga Anda akan memerlukan alat pemotong yang lebih tajam dan berat. Berkat warnanya yang tajam, papan MDF ini biasanya dapat digunakan tanpa tambahan cat maupun laminasi di atasnya. Umumnya, CDF dapat ditemukan dalam bentuk kabinet kamar mandi, lemari display di toko, maupun bahan exhibition booth.

Itulah beberapa jenis papan MDF yang dapat Anda temukan untuk berbagai jenis kebutuhan. Ingatlah bahwa ketajaman warna pada berbagai jenis papan MDF ini tidak menjadi indikator penentu dari kepadatannya. Konsultasikan dengan distributor terpercaya dan lihat secara jeli ciri fisik dari setiap papan yang akan Anda gunakan agar tidak salah memilih. Kunjungi PT Sumatera Prima Fibreboard (www.spf.co.id) dan dapatkan jenis papan MDF yang paling cocok untuk kebutuhan Anda.

コメント


bottom of page