top of page

Apa itu ERP dan Manfaat Layanan Digital untuk Perusahaan

Enterprise Resource Plan (ERP) merupakan salah satu model sistem informasi dan teknologi yang membantu bisnis dan organisasi untuk melakukan otomasi terhadap proses bisnisnya. Perencanaan strategis yang ditawarkan oleh ERP menjadi solusi dari berbagai hambatan fungsional dalam suatu organisasi agar dapat beroperasi secara optimal.


Lantas, apa saja yang termasuk dalam layanan ERP? Apakah ada keuntungan spesifik yang dapat dirasakan oleh perusahaan selama menggunakan layanan ini? 


Ilustrasi vektor dua orang pebisnis sedang merundingkan sistem digital

fullvector / Freepik


Apa itu ERP? 

Enterprise Resource Planning menawarkan solusi-solusi digital yang memungkinkan organisasi untuk melakukan pekerjaan secara otomatis dalam suatu sistem yang terpadu. Bisnis dan organisasi dapat dengan lebih mudah mengunggah, mengunduh, dan melihat data serta informasi dalam perusahaan dari satu sistem saja. Selain meningkatkan efisiensi kerja, implementasi ERP juga dapat meningkatkan transparansi bisnis dan mengirimkan informasi secara real-time kepada divisi yang bersangkutan. 


Misalnya, pada proses penjualan produk dalam sebuah pabrik besar. Ketika divisi penjualan sudah menerima sejumlah pesanan, informasi yang sama akan diteruskan pada divisi yang berhubungan dengan penjualan produk tersebut. Dengan begitu, proses produksi dapat segera dimulai bersamaan dengan pengiriman faktur penjualan, serta penjadwalan pengiriman barang. 


Implementasi ERP membutuhkan waktu yang lama serta biaya yang besar, maka tak heran jika tidak banyak perusahaan yang enggan untuk mengambil risiko untuk mengembangkan sistem ERP mereka sendiri. Akan tetapi, banyak penyedia layanan teknologi informasi yang menawarkan jasa perencanaan, instalasi, eksekusi, serta pelatihan ERP kepada perusahaan lain, seperti Netstar. ERP sendiri umumnya dijual dalam beberapa tipe modul, seperti modul manajemen aset, modul keuangan, pengelolaan SDM, perencanaan produksi, manajemen mutu, penjualan dan distribusi, manajemen persediaan, dan masih banyak lainnya. 


Sekelompok pebisnis berdiskusi di atas meja

our team / Freepik


Manfaat Implementasi ERP untuk Bisnis dan Organisasi

  • Peningkatkan Efisiensi dan Produktivitas. Adanya sistem ERP akan membantu bisnis Anda untuk mengelola data secara otomatis menggunakan sistem yang terhubung secara digital. Hal ini akan membantu menghemat waktu, biaya, serta usaha tenaga kerja dalam meng-input dan memproses data. 

  • Data yang Akurat. Karena sudah berjalan secara otomatis, data yang terhubung akan dimutakhirkan secara berkala. Siapapun yang mengakses data akan mendapatkan rincian terbaru sehingga perusahaan dapat mengandalkan informasi tersebut untuk mengambil keputusan dan menyusun strategi yang tepat guna. 

  • Manajemen Risiko. Data yang akurat dan terkini mampu melindungi perusahaan dari praktik penipuan digital. Sistem ERP akan membantu menghindari duplikasi data dengan menyimpannya di dalam satu sistem yang kohesif dan telah dienskripsi. Sehingga Anda dapat mengantisipasi dan mengambil langkah yang tepat ketika terjadi kecelakaan yang tidak diinginkan. 

  • Penghematan Biaya Operasional. Setelah sistem ERP terpasang dan beroperasi dengan baik, perusahaan tidak lagi perlu mengeluarkan banyak biaya untuk mengoperasikan perusahaan. Sistem ERP mampu mengambil alih berbagai pekerjaan manual hingga selesai lebih cepat dengan pembaruan informasi yang akurat. 



Secara keseluruhan, ERP menjadi sistem yang dapat mengintegrasikan berbagai fungsi penting dalam sebuah perusahaan ke dalam satu program yang praktis. Percepatan teknologi yang masif akan mendorong perusahaan untuk semakin menjalankan fungsi-fungsi mereka secara otomatis dan cepat sehingga membukakan peluang inovasi yang lebih besar nantinya. Jika Anda tertarik dengan implementasi sistem ERP dalam perusahaan Anda, konsultasikanlah dengan ahli IT Netstar (www.netstar.id) untuk mendapatkan rekomendasi terbaik untuk Anda.

Comments


bottom of page