top of page

Apa itu MFM? Cari tahu Karakteristik dan Keuntungannya Di Sini

MFM atau Melamine-Faced MDF mungkin masih terdengar asing di telinga Anda. Papan kayu olahan ini menghasilkan furnitur, panel dinding, maupun dekorasi interior yang ciamik dengan berbagai pilihan warna, pola, dan teksturnya yang unik. Penggunaan MFM dalam interior dapat menghasilkan tampilan yang rapi dan mulus, serta melindungi base board MDF dari goresan, serapan noda, serta debu membandel.


Lantas, apa saja yang membedakan MFM dengan jenis kombinasi papan MDF dan pelapis lainnya? Melalui artikel ini, kami mengajak Anda untuk berkenalan dengan produk unggulan PT Sumatera Prima Fibreboard, yaitu MFM. 


Sample MFM dari PT Sumatera Prima Fibreboard dalam beberapa warna

Dokumentasi PT Sumatera Prima Fibreboard


Apa itu MFM dan Karakteristiknya

Melamine-Faced MDF (MFM) merupakan produk PT Sumateria Prima Fibreboard yang merekatkan lapisan melamin pada papan kayu olahan MDF. Dengan adanya lapisan melamin, papan MDF memiliki garda terdepan yang dapat melindunginya dari goresan, benturan, noda membandel, serta mencegah cairan untuk cepat meresap ke dalam papannya. 


MFM direkatkan menggunakan resin khusus dan alat tekanan tinggi milik PT Sumatera Prima Fibreboard. Proses ini dilakukan dengan pengawasan dan pemeriksaan kualitas yang ketat sehingga lapisan melamin dapat merekat dengan baik tanpa khawatir akan mengelupas. 


MFM juga dapat dipadukan (mix-and-match) antara berbagai jenis base board (MDF, HMR, FRM, CDF) dan warna atau tekstur yang Anda butuhkan. Misalnya, gabungkanlah CDF dengan tekstur Walnut Marino untuk mendapatkan tampilan cubicle toilet yang natural dan klasik. 


Sample MFM dari PT Sumatera Prima Fibreboard dalam beberapa warna

Dokumentasi PT Sumatera Prima Fibreboard


Keuntungan Menggunakan MFM Dalam Pembuatan Furnitur


  • Melamin Merekat Sempurna. Adanya pengawasan yang ketat dari pihak SPF membuat lapisan melamin merekat sempurna pada papan MDF. Anda juga tidak perlu menambahkan lapisan tambahan di atas papan MFM. Sebab, lapisan melamin pada MFM sudah direkatkan menggunakan teknologi khusus agar tidak mudah terkelupas seiring dengan berjalannya waktu. 


  • Tampilan Tahan Lama. Berkat teknik dan teknologi perekatan yang mutakhir, lapisan melamin pada MFM dapat menempel dengan baik tanpa khawatir akan berubah warna ataupun mengkerut. Selain itu, papan MFM juga dapat mempertahankan integritas bentuknya seperti hari pertama Anda menyusunnya. 


  • Perawatan Sederhana. Membersihkan permukaan MFM cukup dilakukan dengan kain bersih lembab untuk mengangkat debu dan kotoran yang menempel. Sebaiknya Anda tidak menunda waktu membersihkannya ketika terkena tumpahan kuah, minuman berkarbonasi, maupun cairan lainnya. Anda juga dapat menyemprotkan cairan pembersih yang lembut untuk mensterilkan permukaannya. 


  • Pemasangan Anti Ribet. Layaknya papan MDF dengan permukaannya yang halus, papan MFM juga memiliki finish yang halus dan mulus. Karakteristik ini akan memudahkan kita untuk memotong, mengebor, membentuk, serta membongkar pasang papan MFM sesuai kebutuhan kita. Lapisan melamin yang direkatkan di atas MDF tidak akan mengubah bentuk permukaannya yang mulus. 

Setelah mengetahui apa itu MFM serta beberapa keuntungannya, pastikan Anda tetap memperhatikan kualitas dari papan MDF serta hasil perekatannya untuk mendapatkan hasil terbaik nantinya. Jika Anda tertarik untuk menggunakan MFM dan ingin tahu lebih lanjut mengenai jenis-jenis warna serta tekstur yang bisa Anda gunakan pada papan MDF, segera hubungi PT Sumatera Prima Fibreboard (www.spf.co.id).


Comments


bottom of page