top of page

Ciri-Ciri Batu Marmer Asli Yang Perlu Anda Ketahui

Batu marmer merupakan bahan yang diidam-idamkan banyak orang untuk digunakan dalam properti mereka. Baik di lantai, dinding, meja, maupun sebagai dekorasi, menggunakan batu marmer dapat memberikan kesan mewah dan elegan pada interior manapun. Sayangnya, popularitas dan prestise ini mendorong berbagai macam pemalsuan slab marmer atau pencampuran dengan bahan-bahan lain.


Oleh karena itu, ada baiknya jika kita memiliki pengetahuan yang cukup agar tidak tertipu saat hendak membeli. Apa saja ciri-ciri marmer asli yang perlu diperhatikan? Simak pembahasannya di bawah ini.


Sebuah tangan yang sedang mengelus slab marmer yang berkilauan
Dokumentasi PT Intinusa Selareksa Tbk
  • Pola Urat yang Unik. Marmer yang benar-benar merupakan hasil penambangan memiliki pola urat yang unik. Pola urat pada marmer asli akan terlihat menyambung antara satu slab dengan yang lainnya selama mereka berasal dari blok yang sama. Satu sisi slab juga akan memiliki pola yang mencerminkan sisi di baliknya, hal ini membuktikan bahwa pola berasal dari proses pembentukan batu yang berlangsung selama jutaan tahun. Marmer palsu umumnya memiliki pola yang digambar secara mandiri maupun dicetak ke atas materialnya. Marmer palsu juga memiliki corak yang seragam antara satu dengan yang lainnya.


  • Kilau Alami. Batu marmer yang berasal dari tambang asli akan memiliki kilau alami yang elegan setelah dipoles. Kilau tersebut bukan merupakan hasil lapisan pelindung atau bahan kimia yang digunakan pada proses pemolesan, melainkan dari struktur kristalin batu itu sendiri. Kilau yang dihasilkan dari marmer asli dapat menunjukkan bayangan objek yang ada dekat dengan marmer. Selain itu, marmer asli juga akan kembali berkilau setelah dipoles dan dibersihkan sementara marmer palsu tidak memiliki kemampuan tersebut.


  • Daya Tahan. Marmer menjadi pilihan banyak orang karena daya tahannya yang tinggi. Uniknya, ketika Anda melakukan tes goresan pada marmer asli, ia akan meninggalkan jejak goresan tersebut. Goresan ini juga tidak dapat ditambal menggunakan materi lain, sehingga Anda perlu mengganti seluruh bahan marmer yang digunakan. Meski demikian, ketika diberikan pelapis secara berkala, marmer asli dapat bertahan hingga puluhan tahun lamanya.

  • Suhu Permukaan. Marmer asli memiliki sifat thermal yang khas, di mana permukaannya cenderung terasa dingin saat disentuh. Material ini merupakan konduktor panas yang baik, yang berarti bahwa ia menyerap dan menyebarkan panas dengan cepat. Sentuhlah permukaan marmer dengan tangan Anda dan bila ia terasa dingin dalam suhu ruangan, kemungkinan besar ia adalah marmer asli.


  • Harga yang Wajar. Ada harga, ada barang — dan istilah ini berlaku untuk batu marmer. Marmer asli akan dihargai dengan harga yang lebih tinggi daripada marmer palsu. Akan tetapi, Anda perlu mengingat poin-poin sebelumnya agar tidak terkecoh oleh harga semata. Sebab, tak jarang pula ada penjual yang menghargai marmer palsu mereka layaknya marmer asli. Untuk itu, ada baiknya jika Anda memeriksa kembali riwayat penggunaan marmer dari pabrik tempat Anda hendak membelinya.


Sebuah meja panjang yang terbuat dari marmer abu-abu
Max Vakhtbovycn / Pexels

Mengenal ciri-ciri batu marmer asli sangat penting untuk memastikan Anda mendapatkan kualitas dan keindahan yang sesuai dengan harga yang Anda bayar. Marmer asli tidak hanya menambah nilai estetika pada ruang, tetapi juga memberika keindahan yang tahan lama. Jadi, pastikan Anda memeriksa dengan cermat sebelum membeli slab yang Anda butuhkan.


Pastikan Anda memeriksa riwayat penggunaan marmer dan memilih pabrik terpercaya seperti PT Intinusa Selareksa Tbk (www.intinusa.com) untuk mendapatkan marmer impor asli dengan harga bersaing.

38 views0 comments

Comments

Couldn’t Load Comments
It looks like there was a technical problem. Try reconnecting or refreshing the page.
bottom of page