top of page

Internet Hotel: Pertahankan Loyalitas Tamu di Era Digital dengan Beberapa Cara Berikut

Sebagian besar industri perhotelan mengalami kerugian selama pandemi COVID-19 berlangsung. Pembatasan pergerakan manusia menyebabkan banyak kamar hotel dan penginapan yang kosong, bahkan hingga akhir tahun. Untungnya, kekhawatiran tersebut tidak bertahan lama. Sebab seusai pencabutan peraturan PSBB, tingkat permintaan kembali melonjak seiring dengan antusiasme masyarakat untuk kembali bepergian.


Akan tetapi, pandemi kali ini juga membawa perubahan yang signifikan. Akselerasi digital yang terjadi pada masa ini membuat pola konsumsi masyarakat juga beralih ke ranah digital untuk memenuhi kebutuhan mereka. Perubahan inilah yang membuat semakin banyak hotel yang harus mulai memperhatikan kualitas layanan digital mereka — baik itu dari sisi fasilitas maupun layanan pemesanan kamar secara daring.


Seseorang membuka pintu kamar hotel
Pixabay (c) Pexels

Jika Anda ingin meng-upgrade layanan di hotel Anda, baik untuk menarik tamu baru maupun untuk mempertahankan tamu yang setia, berikut beberapa rekomendasi dari kami.


  • Aksesibilitas Pemesanan Online: Perubahan pola konsumsi menjadi serba digital membuat masyarakat lebih memilih untuk mencari, memilih, dan memesan kamar hotel dari ponsel pintar mereka. Sebagai pemilik hotel, Anda dapat bergabung dengan aplikasi travelling maupun membuka opsi pemesanan daring di website Anda untuk meningkatkan aksesibilitas hotel Anda. Mengintegrasikan berbagai aplikasi ini dengan pemesanan melalui website menjadi satu tempat terpadu akan memudahkan Anda untuk melacak pesanan baru maupun kondisi keluar-masuknya tamu yang sedang menginap. Dengan begitu, semua calon tamu hotel Anda dapat dengan mudah melihat semua paket yang Anda sediakan sekaligus membandingkan harga yang terbaik untuk mereka.


  • Meningkatkan Kapasitas Internet Hotel: Di era digital ini, internet telah menjadi kebutuhan pokok bagi banyak orang, termasuk para tamu hotel. Layanan internet yang cepat, aman, dan stabil dapat menjadi salah satu faktor penting yang mempengaruhi loyalitas tamu Anda. Di masa digital ini, tamu hotel banyak yang menggunakan internet untuk mengakses email, menjelajahi internet, streaming video, dan berkomunikasi dengan keluarga dan teman. Pihak manajemen hotel sebaiknya mencoba untuk meningkatkan kapasitas kecepatan dan luasan jangkauan internet di hotel mereka agar dapat melayani semua tamu dengan baik, bebas dari hambatan.



Seorang perempuan muda duduk di atas tempat tidur, ia terlihat senang sambil melihat ponselnya
lifeforstock (c) freepik
  • Menyediakan Alternatif Layanan Internet: Layanan internet sendiri dapat terdiri atas dua macam, yakni Wifi dan Ethernet. Wifi merupakan jaringan nirkabel yang memungkinkan segala perangkat mobile untuk terhubung dengan internet. Sementara itu, ethernet merupakan protokol komunikasi yang menghubungkan laptop atau printer ke dalam jaringan internet menggunakan kabel. Akan tetapi, jaringan ethernet cenderung memberikan koneksi internet yang lebih kuat daripada Wifi. Memberikan pilihan alternatif selain Wifi akan meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap hotel Anda.


  • Siap Siaga untuk Atasi Masalah: Tidak jarang koneksi maupun perangkat keras internet di hotel Anda mengalami gangguan. Untuk itu, Anda perlu menyiapkan staf handal untuk membantu para tamu yang mengalami gangguan jaringan. Jika Anda tidak mempunyai staf khusus IT, teknisi dari penyedia layanan internet hotel Anda juga dapat dipanggil untuk membantu Anda.

Demikianlah beberapa tips kami untuk meningkatkan loyalitas tamu hotel Anda di era digital. Layanan internet yang baik bukan hanya sebuah kebutuhan, tetapi juga investasi yang akan membantu hotel Anda berkembang pesat di era digital.


Tamu yang puas dengan layanan internet hotel Anda memiliki kemungkinan besar untuk kembali menginap, bahkan merekomendasikan hotel Anda kepada orang lain atau untuk mengadakan acara besar. Jadikan kecepatan internet yang stabil dan cepat sebagai senjata utama Anda mencapai kesuksesan di era digital. Dapatkan layanan internet dengan kecepatan tercepat dan layanan teknisi yang sigap dengan Netstar (www.netstar.id).

Comments


bottom of page