top of page

Jenis-Jenis Flexible Packaging yang Cocok untuk Produk Anda

Dengan berbagai macam bentuk dan ukurannya, flexible packaging telah memperluas variasi kemasan pada pasar serta meningkatkan usia pakai dari berbagai macam produk. Tipis namun kokoh — flexible packaging menawarkan sejumlah fitur-fitur penghalang dan keluwesan bentuk yang mendukung proses pemasaran produk Anda. 


Jika Anda tertarik untuk beralih ke flexible packaging, simak beberapa variasinya yang dapat digunakan untuk bisnis Anda pada artikel berikut ini. 

Seorang pegawai yang sedang menata produk yang dibungkus flexible packaging

Canva Image


Kemasan Stand-up Pouch

Jenis flexible packaging ini merupakan salah satu tipe yang paling umum dan serbaguna. Kemasan stand-up pouch memungkinkan produk untuk berdiri tegak ketika dipajang di etalase toko sehingga mudah untuk dilihat dan diambil oleh siapa saja. Stand-up pouch biasanya dilengkapi dengan ritsleting atau tutup botol yang dapat ditutup kembali. Fitur ini membuatnya ideal untuk produk yang perlu disimpan kembali setelah dibuka. Jenis flexible packaging ini umumnya digunakan untuk makanan ringan, kopi, susu kental manis, rempah-rempah, maupun saus. 


Kemasan Sachet

Kemasan sachet cocok untuk mengemas sampel produk maupun produk dalam porsi kecil. Ukurannya yang kecil membuat sachet menjadi pilihan yang efisien untuk menyimpan dan memindahkan produk hingga sampai di toko. Jenis flexible packaging ini mengutamakan penggunaan yang praktis dan higienis dapat diisi dengan bahan cairan, bubuk atau krim. Oleh karena itu, sachet sering ditemukan dalam produk kecantikan, makanan, saus, maupun produk kebersihan seperti shampoo, sabun, dan deterjen. 


Roll film kemasan fleksibel

Freepik


Kemasan Shrink Film

Shrink film adalah jenis flexible packaging yang digunakan untuk mengemas beberapa produk menjadi satu paket praktis seperti botol air mineral atau makanan kaleng. Sesuai namanya, film ini menyusut saat dipanaskan sehingga dapat membungkus produk dengan erat dan memberikannya perlindungan tambahan selama proses transportasi. Shrink film memungkinkan kita untuk melihat isi produk tanpa membuka kemasan, serta dapat dicetak dengan desain menarik. 

Kemasan Roll Stock

Bahan flexible packaging yang digunakan dalam mesin pengemasan otomatis disebut juga kemasan roll stock. Tips ini cocok untuk produk yang dikemas dalam jumlah besar atau untuk perusahaan yang membutuhkan kecepatan dan efisiensi dalam proses pengemasan. Roll stock nantinya akan digunakan untuk membuat label pada botol kemasan, kemasan pouch, sachet, serta kantong lainnya. 



Memilih jenis flexible packaging yang tepat untuk produk Anda penting untuk memastikan produk Anda tetap aman, berkualitas baik, dan memiliki daya tarik tinggi di pasar. Karena setiap jenis flexible packaging memiliki fungsi dan desainnya masing-masing, maka mengenali variasi yang tersedia dapat membantu Anda untuk menemukan desain terbaik untuk produk Anda. 


Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai flexible packaging berkualitas baik yang dapat melindungi produk Anda, kunjungi PT Argha Karya Prima Industry Tbk (https://arghakarya.com).


Comments


bottom of page