top of page

Kenalan dengan DataComm Netstar: Koneksi Mulus dengan Keamanan Tangguh

Istilah DataComm mungkin terdengar asing bagi kaum awam seperti kita, namun DataComm sendiri ternyata memiliki hubungan erat dengan kehidupan kita sehari-hari. Solusi DataComm atau data communication merupakan salah satu bagian dari infrastruktur telekomunikasi yang bertanggungjawab atas pengiriman dan penerimaan data pada suatu perangkat. 


Selain bertanggungjawab atas hubungan antara komunikator dan komunikan, apa saja karakteristik lain dari DataComm? Apa saja yang menjadi bagian dari infrastruktur telekomunikasi ini? 


ilustrasi media jaringan media sosial

rawpixel / Freepik


Apa itu DataComm?

Dilansir dari Forum Huawei, DataComm mengacu pada sarana dan prasarana yang memungkinkan adanya pengiriman informasi dari satu titik ke titik lainnya. Agar transmisi data dapat berjalan dengan baik, maka terdapat perangkat kabel dan perangkat nirkabel yang menunjang proses tersebut. DataComm mewujudkan komunikasi antara komputer atau antara orang dan komputer, sementara sistem telefon melengkapi cara manusia berkomunikasi dengan satu-sama lain.


Dari penjelasan sebelumnya, kita tahu bahwa komunikasi data merupakan komunikasi antar komputer atau antara manusia dan komputer. Komputer sendiri mengandalkan program-program yang telah ditulis oleh manusia untuk dapat beroperasi dengan optimal. Oleh karena itu, manusia perlu menentukan protokol komunikasi yang ketat dan mampu mengatur kecepatan dan keandalan transmisi data. Hal ini dapat mempengaruhi kualitas antarmuka (interface) serta durasi komunikasi yang diterima pada perangkat penerima. 


flowchart isometrik telekomunikasi

macrovector / Freepik


Produk DataComm Netstar

Sebagai jasa penyedia layanan internet dan telekomunikasi terkemuka, Netstar juga menghadirkan solusi DataComm dalam jajaran layanannya. Dalam hal ini, Netstar menyediakan teknologi yang dapat menunjang koneksi internet dan telekomunikasi untuk bisnis yang dengan banyak cabang dan lokasi. Dengan jaringan fiber optik yang tersebar di seluruh Indonesia, Netstar juga dapat memfasilitasi sambungan VPN dan keterhubungan antar daerah, khususnya di daerah pedesaan dan lepas pantai. 


Produk DataComm lain yang dimiliki oleh Netstar antara lain:


  • Cellular Data Exchange. Jaringan seluler memiliki kemampuan untuk membantu manusia agar selalu terhubung secara digital, baik melalui telefon, video call, maupun pesan singkat. Netstar memiliki sejumlah titik selular yang dapat menunjang kelancaran komunikasi nirkabel antar perangkat, di mana pun Anda berada. 

  • VSAT. Very Small Aperture Terminal (VSAT) merupakan sistem komunikasi via satelit yang menggunakan antena parabola untuk menerima dan mengirim data berkecepatan tinggi. Koneksi satelit membuka jalan banyak orang di daerah terpencil terhadap jaringan internet yang baik karena mengandalkan sinyal dari geostationer yang mengorbit dekat atmosfer bumi. 

  • Wireless or Microwave Link. Sistem komunikasi Wireless atau Microwave Link menggunakan gelombang radio untuk mengirimkan dan menerima informasi antara dua lokasi. Protokol ini kerap digunakan dalam industri penyiaran yang memanfaatkan gelombang mikro untuk menyiarkan program dari studio ke lokasi menara pemancar yang jarak sangat jauh. 


DataComm Netstar bisa jadi solusi yang tepat bagi bisnis dan organisasi yang membutuhkan konektivitas internet dan telekomunikasi yang cepat, stabil dan aman. Konsultasikan kebutuhan perusahaan atau organisasi Anda dengan tim kami dengan menghubungi Netstar (www.netstar.id).


Comentarios


bottom of page