top of page

Keuntungan IP Telephony untuk Remote Office

IP telephony menjadi teknologi berbasis internet yang memudahkan banyak orang untuk tetap terhubung dengan rekan bisnis dan orang-orang tercinta. IP telephony berfungsi layaknya telepon pada umumnya, yang menghubungkan para penggunanya menggunakan nomor telepon sebagai tanda pengenal. Bedanya, IP telephony memanfaatkan jaringan internet untuk melakukan transmisi frekuensi suara analog menjadi data digital sehingga kerap disebut juga sebagai Voice Over Internet Protocol (VoIP).


Teknologi ini memiliki serangkaian keuntungan yang berbeda dengan telepon konvensional. Karena menggunakan jaringan internet untuk menghubungkan penggunanya, IP telephony tidak membutuhkan perangkat khusus. Anda hanya memerlukan koneksi internet, modem, router wi-fi, dan perangkat VoIP atau smartphone. Apa saja keuntungan lain yang dapat diperoleh dari menggunakan IP Telephony? Simak penjelasannya di bawah ini.


Seorang laki-laki sedang menggunakan telepon kantor
RDNE Stock project / Pexels

Penghematan Biaya

IP telephony memanfaatkan segala jenis protokoler digital, terutama internet, untuk membantu pengguna agar dapat berkomunikasi via suara. Selain memiliki telepon yang dapat terhubung dengan kabel ethernet, Anda tidak memerlukan perangkat keras khusus lainnya. Bahkan, tak jarang pula IP telephony cukup menggunakan aplikasi pada smartphone yang sudah Anda miliki.


Maka tak heran bila layanan IP telephony sendiri dapat menghemat lebih banyak biaya daripada menggunakan layanan telepon kabel biasa. Anda dapat mendapatkan nomor telepon dan terhubung dengan layanannya melalui jaringan internet, tanpa perlu berlangganan layanan telepon secara terpisah. Selain itu, perawatan dan perbaikan yang dilakukan untuk IP telephony hanya dilakukan pada perangkat lunak saja. Artinya, Anda tidak harus mengeluarkan biaya tambahan untuk memperbaiki atau mengganti perangkat keras selain modem atau router wi-fi.

Kemudahan Akses dan Mobilitas Tinggi

Bagi Anda yang bekerja secara remote atau memiliki kantor yang remote, berlangganan layanan IP telephony dapat memberikan banyak manfaat. Tidak jarang remote business tidak memiliki kantor yang berfungsi sebagai pusat operasionalnya, namun memerlukan kontak profesional yang dimiliki oleh perusahaan. Dengan menggunakan IP telephony, bisnis-bisnis ini dapat memperoleh nomor profesional yang dapat digunakan dari mana saja selama terhubung dengan jaringan internet. Nomor yang terdaftar pun tidak terikat pada lokasi geografis tertentu, sehingga Anda dapat tetap terhubung meski sedang bepergian ke luar negeri sekalipun.


Selain praktis untuk pekerja remote dan bermobilitas tinggi, IP telephony juga menawarkan lebih banyak fleksibilitas bagi perusahaan. Ketika perusahaan Anda memutuskan untuk pindah kantor, Anda tidak harus mengganti nomor bisnis atau mengurus ganti area. Cukup memasang kembali layanan internet di kantor baru dan Anda dapat kembali menggunakan nomor bisnis yang lama. Selain itu, jumlah nomor yang digunakan juga dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan kantor Anda tanpa perlu memasang perangkat baru lagi.


Seorang perempuan berkacamata sedang menelpon sembari melihat data di layar komputernya
Karolina Kaboompics / Pexels

Integrasi Mulus dengan Sistem Lain

Karena IP telephony dapat dioperasikan menggunakan jaringan internet, maka tak heran bila layanan ini juga dapat diintegrasikan dengan layanan komunikasi lainnya juga. Anda dapat mengatur agar layanan email, instant messaging, konferensi video, dan telepon agar mudah diakses melalui satu titik saja. Ini akan memudahkan operasional bisnis dan komunikasi antar karyawan Anda.


Dalam beberapa kasus, integrasi VoIP juga dapat mempermudah proses pendataan dan pelayanan pelanggan. Integrasi VoIP dengan data CRM (Customer Relatioship Management) dapat menujukkan detail layanan yang digunakan oleh pelanggan tersebut. Hal ini akan membantu karyawan Anda untuk dapat menawarkan pelayanan dan solusi yang tepat sesuai dengan kebutuhan pelanggan tersebut.

Itulah beberapa keuntungan yang dapat diperoleh dari menggunakan IP telephony pada remote office. Biaya yang lebih hemat, mobilitas tinggi, dan integrasi yang mulus dapat menunjang efisiensi bisnis Anda. Jika Anda tertarik untuk menggunakan layanan ini, pastikan provider internet Anda menyediakan layanan khusus untuk IP telephony. Dengan begitu, Anda dapat melakukan panggilan suara dan video dengan kualitas baik tanpa perlu mengorbankan koneksi internet utama Anda.


Nikmati kemudahan IP telephony melalui paket bundling untuk rumah maupun bisnis Anda bersama Netstar (www.netstar.id).

Comments


bottom of page