top of page
Agnes Gianni

Lantai Marmer dan Tips Memadukan Bahan Lain yang Cocok Dengannya

Lantai marmer dapat menjadi pusat perhatian siapapun yang masuk ke dalam ruangan baru. Tampilan elegan dari motif marmer alami dapat memberikan kesan ruang yang lebih luas dari ukuran sebenarnya. 


Meski terlihat indah dan mewah, tak jarang pula beberapa dari kita yang terintimidasi dengan kemegahan batu marmer. Padahal, keanggunan yang ditawarkan marmer cukup fleksibel untuk dipadukan dengan berbagai macam bahan lainnya. Berikut beberapa tips kami untuk memadukan bahan furnitur yang cocok dengan ruangan berlantai marmer. 





Ruangan dengan lantai marmer dan furnitur kayu

Freepik


Kombinasi Klasik Lantai Marmer dan Furnitur Kayu

Marmer dan kayu dianggap sebagai kombinasi klasik untuk menciptakan interior mewah dengan mudahnya. Keduanya digemari karena dapat membawa suasana alami ke dalam interior manapun. Keduanya juga memiliki ketahanan yang cukup lama sehingga tak heran jika kombinasi ini kerap ditemukan pada rumah-rumah atau bangunan komersil yang mewah. 


  • Padanan Warna dan Tekstur. Pilihlah tipe kayu yang sesuai dengan warna lantai marmer Anda. Marmer berwarna terang cocok dengan kayu yang terang seperti ek atau pinus, maupun dengan kayu berwarna gelap. Sementara itu, jika marmer Anda berwarna gelap, ada baiknya Anda padukan dengan kayu yang berwarna lebih gelap, seperti mahoni atau eboni. 


  • Kayu sebagai Aksen. Urat kayu yang hangat dapat menyeimbangkan dinginnya marmer dalam ruangan Anda. Panel dinding kayu dengan bentuk bilah, misalnya, akan terlihat elegan di atas lantai marmer. Bentuk bilah sendiri tidak akan menghalangi indahnya motif marmer dan tidak akan menutup cahaya yang masuk ke dalam ruangan. 


  • Campurkan Marmer dalam Furnitur Kayu. Jangan takut untuk mencampurkan marmer dengan furnitur kayu Anda. Jika Anda memiliki dapur dengan kabinet berbahan kayu, gunakanlah 



Ciptakan Interior Mewah dengan Marmer dan Logam

Kombinasi yang cukup lazim lainnya adalah marmer dan logam. Ketika marmer menghadirkan kesan elegan dan klasik, logam justru meningkatkan kualitas estetika tersebut. Meski bahan logam kerap dijadikan bahan komplemen pada furnitur marmer, tak jarang pula furnitur yang sepenuhnya terbuat dari logam dipadukan dengan lantai yang terbuat dari marmer. Anda bisa menggunakan lampu atau elemen dekoratif yang terbuat dari logam untuk mempertajam kesan mewah pada ruangan manapun. 


  • Pancarkan Kilau Logam. Secara alamiah, logam merupakan bahan yang berkilau ketika disinari cahaya. Jika disandingkan dengan motif marmer yang anggun, maka bahan ini dapat mempertajam kemewahannya. Gunakan logam pada meja samping, meja kopi, dresser, atau cermin panjang pada furnitur yang ada di dalam ruangan berlantai marmer.


  • Berikan Finishing Matte untuk Meredam Kilauan Berlebih. Anda juga dapat menggunakan logam dengan finishing matte untuk sedikit meredam kilauan berlebih dalam satu ruangan. Ciptakan pemisah ruangan, meja samping, atau kap lampu dari bahan ini untuk menghadirkan kontras yang mencolok dengan lantai marmer. Perbedaan kontras ini dapat memberikan perhatian lebih pada keindahan lantai marmer yang tak lekang waktu. 


Ruang keluarga dengan lantai marmer, meja marmer dan furnitur dari kayu dan kulit

Freepik


Itulah beberapa alternatif bahan furnitur yang cocok dipadukan dengan lantai marmer. Jangan takut untuk menggunakan bahan lainnya seperti kulit atau bulu untuk menciptakan tekstur menarik dalam ruangan Anda. Jika Anda tertarik untuk menggunakan lantai marmer dalam interior Anda, hubungi PT Intinusa Selareksa Tbk (www.intinusa.com).


Comentários


bottom of page