top of page

MATV Digital: Karakteristik, Kelebihan, dan Kekurangannya

MATV atau Master Antenna Television merupakan sebuah sistem kabel yang dirancang untuk memproses dan memperkuat sinyal RF dan mendistribusikannya dari satu titik pusat. Teknologi ini umumnya digunakan di gedung-gedung bertingkat seperti apartemen, rumah sakit, kost, atau hotel. Pemasangan MATV membutuhkan perencanaan yang matang untuk memastikan sinyal yang dikirimkan dapat terpancar dengan baik tanpa mengurangi kualitas tayangan.


Dengan sistem MATV, pengelola properti multi unit tak lagi harus memasang dan memelihara antena individual untuk setiap perangkat televisi yang terpasang. Antena yang terpusat akan meminimalisir adanya gangguan sinyal atau biaya listrik yang membengkak. Sistem ini juga akan membantu para pengguna untuk dapat menonton tayangan favorit mereka tanpa intervensi siaran dari pusat.


Nah, sejauh mana MATV dapat digunakan pada saluran televisi digital? Dan apa saja kelebihan dan kekurangan yang dapat dirasakan dari menggunakan layanan ini?



Colokan di belakang televisi yang tersambung ke beberapa kabel output

MATV Digital versus Analog: Perangkat

Perangkat yang digunakan pada sistem MATV akan bergantung pada desain jalur jaringan yang Anda buat. Desain ini berfungsi sebagai panduan yang memperkirakan jenis perangkat yang akan dipasang, berapa banyak bagian yang dibutuhkan, kabel yang diperlukan, dan berapa biaya yang akan dihabiskan untuk pemasangan.


Umumnya, MATV akan membutuhkan beberapa bagian berikut:

  • dB meter

  • Crimping CATV atau CATV compression tool

  • DVD portabel

  • Splitter Televe

  • Combiner

  • Coupler Televes

  • Digital Satelite Receiver

  • Modulator

  • Booster Televes

  • HeadEnd MATV


Tentunya, ketika kita membandingkan MATV digital dan analog, hal paling mendasar yang membedakannya adalah modulatornya. Sistem MATV digital mampu mengoperasikan empat unit receiver menggunakan satu modulator saja. Sementara itu, MATV analog membutuhkan satu unit modulator untuk mengoperasikan satu unit receiver saja.


Hal ini juga akan mempengaruhi sinyal yang ditangkap pada layar televisi. Semakin jauh jarak pemancar dengan receiver, semakin buruk pula kualitas penayangan yang diterima para pengguna. Hal tersebut tidak akan terjadi pada sistem MATV digital, yang mampu menerima sinyal dari manapun sampai di titik di mana sinyal tidak dapat diterima lagi.


Kabel analog dalam warna merah, putih, dan hitam

EyeEm / Freepik


Kelebihan dan Kekurangan MATV Digital

Sebelum Anda memasang sistem MATV digital, ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang harus Anda perhatikan. Memasang sistem MATV digital memiliki beberapa keunggulan seperti:


  • Kualitas Gambar dan Suara yang Baik. MATV digital mampu menyediakan gambar yang tajam dan suara yang lebih jernih selama Anda menyiapkan perangkat yang kompatibel dengan sinyal digital seperti decoder atau TV digital.

  • Tahan Gangguan. Sinyal digital lebih konsisten dan tahan terhadap gangguan lingkungan dan gangguan fisik. Jika properti Anda terletak di daerah yang kurang ideal, Anda dapat mempertimbangkan MATV digital yang memiliki sinyal konsisten dan berkualitas baik.

  • Variasi Saluran Beragam. Layaknya siaran TV digital, MATV digital mampu mendistribusikan lebih banyak saluran televisi, termasuk saluran khusus dan premium.


Sebelum memasang MATV digital, Anda perlu memperhatikan beberapa kekurangannya sebagai berikut:


  • Biaya Awal Lebih Tinggi. Instalasi MATV digital umumnya lebih mahal, terutama jika perlu pembaharuan infrastruktur di bangunan yang sudah ada.

  • Perangkat Khusus. Untuk menikmati siaran digital, pengguna perlu memiliki perangkat yang kompatibel seperti TV digital atau set top box.

  • Kompleksitas Instalasi dan Perawatan. Sistem digital biasanya lebih kompleks dalam hal instalasi dan memerlukan pemeliharaan yang lebih canggih.

MATV digital menawarkan kualitas lebih tinggi dan kemampuan siaran modern dengan lebih banyak variasi saluran. Jika Anda ingin mengedepankan kualitas tayangan dan kepuasan pelanggan, maka MATV jenis ini cocok untuk memenuhi kebutuhan Anda. Untuk informasi lebih lanjut mengenai MATV digital dengan tayangan jernih dan sinyal yang kuat, hubungi Netstar (www.netstar.id).

Comments


bottom of page