top of page
Writer's pictureMichelle Natania

Pintar, Interaktif, dan Personal: Cara IPTV Membawa Hiburan ke Rumah Anda!

Dengan kemajuan koneksi internet yang sekarang hadir dengan kecepatan tinggi dan sinyal yang kuat, tidak heran apabila banyak berbagai fasilitas komunikasi saat ini mengandalkan internet sebagai sandaran media penyambung agar layanannya dapat sampai dan dinikmati oleh pelanggan. Tidak terlepas salah satunya adalah penayangan hiburan melalui televisi yang sekarang ini semakin berfokus pada pemanfaatan media digital lewat jaringan khusus.


Dari yang tadinya tayangan televisi tradisional hadir dengan cara kerja melalui format multicast – penayangan transmisi program-program siaran ke beberapa pelanggan dalam satu waktu secara bersamaan – sekarang dengan kehadiran Internet Protocol Television, tayangan pun dapat dihadirkan melalui format unicast, sehingga tayangan yang dapat dinikmati oleh pelanggan dapat lebih terpersonalisasi. Ini terjadi karena tayangan disalurkan secara langsung melalui aliran saluran khusus antara server broadcast ke penonton secara satu per satu, dengan alur komunikasi yang lebih interaktif.



Perbedaan yang cukup signifikan antara cara kerja televisi tradisional dan IPTV pun menimbulkan banyak kebingungan bagi para pelanggan yang sedang mencari dan memilih jenis televisi seperti apa yang dapat memenuhi kebutuhan akan hiburan di berbagai area mereka. Untuk menjawab kebingungan tersebut, di bawah ini akan dijelaskan secara komprehensif bagaimana IPTV dapat bekerja dan menghadirkan tayangan hiburan tak terbatas!



Perlengkapan yang Diperlukan


Pertama-tama sebelum mengetahui cara IPTV bekerja, sebagai pelanggan, terdapat beberapa hal yang wajib dipersiapkan untuk memastikan IPTV yang akan anda gunakan dapat berfungsi. Hal-hal tersebut adalah :

  • Set-top box : set-top box (STB) adalah sebuah satu set perlengkapan elektronik yang terkompres dalam satu kotak yang berfungsi untuk menghubungkan televisi kita agar dapat menangkap sinyal dari jaringan internet sehingga televisi tersebut dapat menayangkan program-program IPTV. STB juga dapat dianggap sebagai adapter antara koneksi internet yang ada dengan televisi yang sudah ada.

  • Koneksi internet yang stabil : agar dapat berfungsi sebagaimana mestinya, IPTV membutuhkan keterhubungan dengan jaringan internet, utamanya dengan jaringan fiber optik, agar dapat mengakses layanan streaming untuk menghibur para penggunanya dengan tayangan yang terpersonalisasi tanpa hambatan.


Cara IPTV menghadirkan hiburan


Jika di area yang akan dipasang oleh IPTV sudah tersedia koneksi internet, maka ketika calon pengguna sudah berlangganan dengan salah satu penyedia layanan IPTV seperti Netstar, maka penyedia layanan tersebut akan secara otomatis memberikan pelanggan perlengkapan STB untuk dipasang di areanya. STB merupakan berfungsi untuk menerjemahkan dan mendekripsikan sinyal yang dipancarkan oleh saluran program dan Video-on-Demand agar kemudian dapat ditampilkan di perangkat televisi kita. STB harus terkoneksi ke internet – seperti pemancar Wi-Fi – karena saat pengguna melakukan navigasi untuk mencari tayangan yang diinginkannya melalui berbagai layanan IPTV yang berbeda, STB-lah yang berperan besar sebagai portal yang menghubungkan pengguna dengan pilihan VOD yang tersedia.




Dikarenakan sistem kerja IPTV yang menggunakan format penayangan unicast atau transmisi data secara langsung dari server yang melakukan broadcast tayangan ke penonton pengguna, ketika pengguna melakukan penggantian channel, maka saluran baru ditransmisikan dari server penyedia layanan IPTV secara langsung ke penonton. Dikarenakan sangat memanfaatkan jaringan internet, tidak heran bila penyedia layanan IPTV seperti Netstar menawarkan layanan ini dengan program bundle seperti 3-play services. Dengan 3-play services, pengguna tidak hanya mendapatkan pengalaman menikmati hiburan tak terbatas lewat IPTV, tetapi juga layanan IP Telephony untuk media komunikasi suara yang jelas dengan biaya yang lebih murah, beserta internet yang cepat dan stabil.


Jika anda mencari layanan penyedia hiburan, konektivitas internet, serta komunikasi suara yang terpercaya dan tersedia dalam satu paket lengkap, pastikan untuk hanya memercayakannya pada Netstar (www.netstar.id).



Comments


bottom of page