top of page

Proses Pembuatan Slab Marmer: Dari Tambang Hingga Siap Pakai

Hal pertama yang kita lihat ketika memasuki pabrik marmer adalah serentetan slab yang disusun menyerupai tumpukan buku di rak. Slab marmer yang telah dipotong tipis-tipis ini dikelompokkan sesuai dengan blok asalnya dan disusun sedemikian rupa untuk menonjolkan keindahan motif dari setiap slab. Dengan begitu, pelanggan yang hendak membeli marmer dapat dengan lebih mudah melihat dan memegang slab marmer yang akan mereka gunakan nantinya.


Slab marmer yang kita lihat tidak serta merta datang dalam keadaan sudah terpotong dan terpoles bersih. Ada serangkaian proses yang harus dilakukan oleh perusahaan untuk dapat mencapai tampilan sempurna yang siap untuk dipakai. Simak artikel di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai proses pembuatan slab marmer yang siap dipakai oleh Anda. 



Pemotongan blok marmer menggunakan mesin pemotong multi kawat

Dokumentasi PT Intinusa Selareksa Tbk


Pemotongan Blok Menjadi Slab Marmer

Marmer yang diimpor langsung dari tambang luar negeri akan dikirimkan ke Indonesia dalam bentuk blok-blok besar. Blok-blok yang besar diberikan nomor seri yang menandakan asal marmer, tanggal kedatangan, serta detil-detil lain yang relevan dengan blok yang baru saja datang. Sebelum disajikan kepada pelanggan, blok marmer akan dipotong menjadi beberapa slab dengan panjang yang mencapai dua meter dan ketebalan 1,5 hingga 2 cm. Akan tetapi ukuran ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pabrik dan klien.


Di pabrik Intinusa, slab marmer dipotong menggunakan mesin pemotongan multi-kawat yang terbuat dari berlian untuk memotong blok secara vertikal. Dengan menggunakan mesin ini, perusahaan dapat menghasilkan slab marmer berukuran seragam secara masif. 



Pengaplikasian resin dan lem untuk memperkuat netting pada slab marmer

Dokumentasi PT Intinusa Selareksa Tbk


Perkuat Slab Marmer dengan Netting

Slab marmer yang sudah dipotong akan diperkokoh dengan proses netting. Proses ini merekatkan sejumlah jaring-jaring pada bagian belakang dari slab yang tidak akan dipoles untuk memperkuat kerangkanya. Jaring diaplikasikan pada lempengan yang sebelumnya telah dilapisi dengan resin untuk menghindari terbentuknya lipatan dan gelembung yang berpotensi merusak integritas slab marmer. 


Pembersihan dan pemolesan slab marmer menggunakan mesin

Dokumentasi PT Intinusa Selareksa Tbk

Pemolesan dan Pembersihan Slab Marmer

Setelah menyelesaikan proses netting dan menunggu hingga slab marmer kering sempurna, slab marmer akan dibersihkan dan dipoles sesuai dengan kebutuhan Anda. Pemolesan marmer seringkali dilakukan di atas permukaan yang rata untuk mendapatkan hasil maksimal. Akan tetapi, mayoritas pemolesan dilakukan untuk menghasilkan finish yang mulus dan mengkilap.



Pemindahan slab marmer yang sudah siap untuk disimpan dan dipajang di dalam pabrik

Dokumentasi PT Intinusa Selareksa Tbk


Penyimpanan Slab Marmer Hingga Sampai ke Pelanggan 

Setelah dibersihkan dan dipoles, slab marmer akan disimpan di pabrik dan diberikan nomor untuk membedakan tiap blok dan waktu pemotongannya. Slab marmer disimpan secara berkelompok sambil menampilkan kemilau warna dan motifnya yang memukau. Penyimpanan seperti ini akan mempermudah pelanggan untuk memilih slab marmer yang cocok dan pemindahan slab dalam interior pabrik. 

Itulah langkah-langkah yang dilakukan oleh pabrik marmer untuk memproses blok marmer hingga siap dipakai oleh para pelanggannya. Slab marmer diproses sedemikian rupa agar lebih mudah untuk dijangkau oleh pelanggan maupun pekerja pabrik yang akan memotong dan memolesnya hingga terbentuk produk jadi. Pastikan Anda menggunakan marmer impor berkualitas tinggi dari produsen terpercaya agar lebih tahan lama dan berkilau. Kunjungi website PT Intinusa Selareksa Tbk (www.intinusa.com) untuk informasi lebih lanjut. 


Comments


bottom of page