top of page

Tips Memasang Lantai Marmer dengan Benar

Lantai marmer dapat memberikan keindahan yang tak tergantikan dalam ruangan manapun. Penggunaan marmer untuk lantai dapat menonjolkan keunikan pola yang tergambar di atasnya. Beberapa slab marmer bahkan dapat dipasangkan sedemikian rupa untuk menciptakan corak yang unik. Itulah mengapa pemasangan lantai marmer harus dilakukan secara hati-hati dan presisi untuk mendapatkan hasil yang rapi dan tersusun dengan rapat.


Pemasangan yang tepat tidak hanya akan menghasilkan visual yang bagus melainkan juga menjaga agar batu marmer tidak cepat rusak dan keropos. Berikut beberapa tips pemasangan lantai marmer yang perlu Anda perhatikan sebelum memasangnya.


Lantai marmer putih yang terkena sinar matahari

Augustine Wong / Unsplash

Mengukur Area dan Slab Marmer Secara Rinci

Lakukan pengukuran merinci pada area yang akan menggunakan lantai marmer. Pastikan hitungan ukuran ruangan dan luas permukaan sudah akurat, lalu pesan slab marmer yang diperlukan. Berikan 5 hingga 10 persen ukuran tambahan untuk mengantisipasi adanya sisa potongan marmer atau area yang membutuhkan lebih banyak marmer.


Membersihkan dan Mempersiapkan Area Lantai Marmer

Kemudian, bersihkan area lantai dengan spons basah dan sabun untuk menghilangkan debu, kotoran, dan noda membandel. Pastikan area lantai juga kering dengan baik agar perekat dapat menempel pada lantai dengan baik. Selain itu, periksa kemiringan area lantai dengan waterpas dan pastikan area pemasangan sudah cukup rata dari ujung dinding yang satu ke ujung yang lainnya.


Lakukan Uji Coba Pemasangan

Setelah lantai bersih dan kering, Anda dapat melakukan uji coba dengan meletakkan slab marmer di atas area lantai yang kering. Uji coba ini penting untuk memastikan bahwa Anda dapat membentuk pola marmer yang ideal dan menentukan di mana saja Anda perlu memotong marmer untuk mengisi celah yang kosong.


Bathtub berwarna putih di atas lantai marmer dan dinding marmer hitam

Pasang Lantai Marmer dan Sesuaikan Ukurannya

Setelah uji coba sudah selesai, Anda bisa mulai memasang lantai marmer dalam hunian Anda. Gunakan perekat khusus marmer dan aplikasikan secara rata ke area lantai. Lalu, tekan potongan marmer Anda secara hati-hati dan sisakan celah antar potongan untuk memasukkan grout. Potonglah slab marmer yang akan diletakkan di area berbentuk khusus atau pinggiran, dan aplikasikan pada saat terakhir agar tidak merusak keindahan pola marmer Anda.


Aplikasikan Grout dan Sealer

Tunggulah 24 jam sebelum Anda dapat mencampur grout yang akan digunakan pada lantai marmer. Campurkan grout sesuai dengan petunjuk pabrik dan aduk hingga teksturnya menyerupai krim. Aplikasikan grout pada area sambungan saja dan hindari memberikan terlalu banyak campuran di atas potongan marmer. Biarkan grout untuk mengering sebelum membersihkan sisa campuran dari permukaan marmer. Setelah grout kering sepenuhnya (umumnya setelah 24 jam), berikan cairan pelapis khusus marmer untuk memperkuat permukaan marmer.

Itulah beberapa tips memasang lantai marmer untuk hunian Anda. Pilihlah slab marmer berwarna netral seperti putih, hitam, atau abu-abu untuk memaksimalkan gaya desain interior Anda. Pastikan Anda menggunakan marmer impor asli yang didapatkan oleh perusahaan terpercaya seperti PT Intinusa Selareksa Tbk (www.intinusa.com).

3 views0 comments

Comments


bottom of page